Ketik 'Kata Kunci' yang dicari dalam blog Ayo Sekolah Fisika

Terimakasih Untuk Subscribe Chanel Youtubenya.

Momentum Sudut

Momentum Sudut Partikel
Kita telah memahami tentang momentum linear yang yang dinyatakan sebagai p = mv. Jika momentum linear adalah momentum yang dimiliki oleh benda-benda yang bergerak pada lintasan
lurus, maka momentum sudut merupakan momentum yang dimiliki oleh benda-benda yang melakukan gerak rotasi.
Dalam fisika, momentum sudut secara intuitif mengukur berapa besar momentum linear yang diarahkan di sekitar suatu titik tertentu yang disebut titik pusat momen dari momentum. Rumus matematika sederhana untuk momentum sudut dari suatu partikel terhadap titik pusat tertentu adalah:
 
di mana L adalah momentum sudut dari partikel, r adalah posisi dari partikel yang dinyatakan sebagai vektor perpindahan dari titik pusat, dan p adalah momentum linear dari partikel itu.
 
Dengan menggunakan aturan tangan kanan: putar keempat jari yang dirapatkan sesuai dengan arah gerak rotasi, maka arah tunjuk ibu jari menyatakan arah vektor momentum sudut. Jika arah keempat jari yang dirapatkan berlawanan jarum jam, momentum sudutnya bernilai positif.

Contoh Soal 1
Gambar di damping menunjukkan posisi dari tiga benda yang mengitari titik O. Tentukan momentum sudut partikel terhadap titik O.
Jawab:
momentum sudut partikel dihitung dengan persamaan, L = mvr. Untuk poros di O maka lengan rP = panjang penggal garis yang ditarik dari poros O sampai memotong tegak lurus garis kerja vektor kecepatan vP, yaitu OP = 20 cm. dengan cara yang sama rQ = OQ = 15 cm, dan rR = OR = 15 cm. Ambil momentum sudut yang berlawanan dengan arah jarum jam sebagai arah positif, maka momentum sudut total P, Q, dan R terhadap O adalah

Momentum Sudut Benda Tegar
Gambar di samping menunjukkan sebuah benda tegar yang sedang berotasi. Partikel-partikel penyusun benda tegar masing-masing akan berotasi dengan kecepatan sudut yang sama yaitu ω1 = ω2 = ω3 = … = ω, dan jika posisi partikel-partikel tersebut dari poros masing-masing adalah r1 = r2 = r3 = … maka, momentum sudut total terhadap poros dituliskan sebagai
Karena v = ωr, maka
Contoh Soal 2
Seorang Bapak yang massanya mb = 65 kg dan anaknya yang bermassa ma = 50 kg bermain jungkat-jungkit. Keduanya duduk di kedua ujung papan pejal yang bermassa M = 15 kg dan panjangnya l = 2 m. Jika penumpuh ditempatkan ditengah-tengah batang dan papan tidak bergeser dari penumpuh karena gesekan. Tentukan momentum sudut sistem jika sistem berotasi naik turun sebesar ω = 10 rad/s.

Jawab:

Momen inersia sistem terhadap titik O adalah




 Maka momentum sudut terhadap titik O adalah sebesar
 


0 Response to "Momentum Sudut "

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel