Ketik 'Kata Kunci' yang dicari dalam blog Ayo Sekolah Fisika

Terimakasih Untuk Subscribe Chanel Youtubenya.

Satuan Sistem Internasional dan Standar Satuan

Satuan sebuah besaran dapat dipilih sembarang. Satuan untuk besaran panjang dapat dipilih centimeter, meter, inci, mil, dan sebagainya. Bahkan ada sebagian kelompok masyarakat yang menggunakan hasta sebagai satuan panjang. Untuk satuan massa dapat dipilih ton, kilogram, gram, dan sebagainya. Penggunaan bermacam-macam satuan ini tentu saja akan menimbulkan beberapa kesulitan. Kita akan memerlukan bermacam-macam alat ukur (sebagai patokan) yang sesuai dengan satuan yang digunakan. Kita juga akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi ilmiah, khususnya jika kita ingin beralih dari satuan tertentu ke satuan lain. Dengan adanya kesulitan-kesulitan ini, kalangan ilmuwan sepakat untuk menggunakan satu sistem satuan yang berlaku di seluruh dunia. Sistem satuan ini disebut sistem metrik yang sejak tahun 1960 secara resmi diganti dengan sebutan Sistem Internasional atau SI.
Dalam satuan SI, satuan panjang adalah meter, satuan massa adalah kilogram, dan satuan waktu adalah sekon. Sistem ini dikenal pula dengan istilah sistem MKS (meter-kilogram-sekon). Di samping itu, dikenal pula sistem cgs (centimeter-gram-sekon). Maksudnya, satuan panjang adalah centimeter, satuan massa adalah gram, dan satuan waktu adalah sekon. Dalam sistem Inggris dikenal satuan inci (inch) untuk satuan panjang, pon (pound) untuk satuan gaya, dan sekon (second) untuk satuan waktu.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk menentukan satuan standar harus memenuhi tiga syarat, yaitu: bersifat tetap, artinya tidak mengalami perubahan khususnya yang berhubungan dengan iklim dan cuaca; berlaku secara internasional; dan mudah dibuat tiruannya.

Satuan Standar Waktu
Satuan standar waktu adalah sekon (s). Dari tahun 1889-1967, satu sekon didefinisikan sebagai 1/86.400 hari rata-rata matahari. Sekon standar pada saat ini didefinisikan lebih tepat dengan menggunakan frekuensi radiasi yang dipancarkan oleh atom cesium (133Cs) ketika melewati dua tingkat energi yang paling rendah. Satu sekon didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 9.192.631.770 getaran radiasi ini. 

Satuan Standar Panjang
Satuan standar panjang adalah meter (m). Pada tahun 1960 meter standar didefinisikan dengan menggunakan panjang gelombang cahaya oranye yang dipancarkan oleh gas krypton (86Kr). Bulan November 1983 meter standar didefinisikan ulang. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan laju cahaya dalam ruang hampa yang telah diketahui terlebih dahulu, yaitu sebesar 299.792.458 m/s. Definisi baru menyatakan bahwa 1 meter adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 1/299.792.458 s. 

Satuan Standar Massa
Satuan standar massa adalah kilogram (kg). Satu kilogram standar didefinisikan sebagai massa silinder campuran platinum-iridium (Gambar 1.16). Silinder ini disimpan di Lembaga Internasional Berat dan Ukuran di Sevres, dekat Paris. 

Awalan dalam SI
Dengan menggunakan sistem metrik, satuan yang lebih besar atau lebih kecil didefinisikan dalam bentuk perkalian atau kelipatan 10. Misalnya, 1 kilometer = 1.000 m, 1 centimeter = dan 1 milimeter = Awalan centi-, kilo-, mili-, dan sebagainya disajikan pada Tabel 1.2
 
Tabel  Awalan Sistem Metrik (SI)

Awalan Simbol Faktor
exa- E 1018
penta- P 1015
tera- T 1012
giga- G 109
mega- M 106
kilo- k 103
hekto- h 102
deka- da 101
deci- d 10-1
centi- c 10-2
mili- m 10-3
Mikro- m 10-6
nano- n 10-9
piko- p 10-12
femto- f 10-15
atto a 10-18

Awalan-awalan pada Tabel  dapat digunakan untuk semua besaran fisika. Perhatikan beberapa contoh penggunaan awalan untuk besaran panjang, massa, dan waktu di bawah ini.

Panjang
1 nanometer = 1 nm =  m
1 mikrometer = 1 = m
1 centimeter = 1 cm = m
1 kilometer = 1 km = 103 m

Massa
1 kilogram = 1 kg =
1 miligram = 1 mg =

Waktu
1 nanosekon = 1 ns =
1 mikrosekon = 1
1 milisekon = 1 ms =

0 Response to "Satuan Sistem Internasional dan Standar Satuan"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel