Ciri-ciri Gas Ideal

Teori kinetik gas memberikan jembatan antara tinjauan gas secaramikroskopik dan makrokospik. Hukum-hukum gas seperti hukum Boyle,Charles, dan Gay Lussac, menunjukkan hubungan antara besaran-besaran mikrokospik dari berbagai macam proses serta perumusannya.
Kata kinetik berasal dari adanya anggapan bahwa molekul-molekul gasselalu bergerak.Dalam teori kinetik gas, kita akan membahas tentang perilaku partikel-partikel gas dalam ruang yang terbatas. Partikel-partikel gas ini kitaanggap sebagai sebuah bola yang selalu bergerak. Tiap-tiap partikelbergerak dengan arah sembarang dan dimungkinkan terjadi tumbukan antar masing-masing partikel atau antara partikel dengan dinding ruang.Tumbukan yang terjadi tersebut berupa tumbukan lenting sempurna.Dengan sifat tumbukan yang demikian, maka tidak ada proses kehilangan energi yang dimiliki partikel gas pada saat terjadi tumbukan.

Untuk menyederhanakan permasalahan teori kinetik gas diambil pengertian tentang gas ideal :
  1. Gas ideal terdiri atas partikel-partikel (atom-atom ataupun molekul-molekul ) dalam jumlah yang besar sekali. Partikel-partikel tersebut senantiasa bergerak dengan arah random/sebarang.
  2. Partikel-partikel tersebut merata dalam ruang yang kecil.
  3. Jarak antara partikel-partikel jauh lebih besar dari ukuran partikel-partikel, sehingga ukurtan partikel dapat diabaikan.
  4. Tidak ada gaya antara partikel yang satu dengan yang lain, kecuali bila bertumbukan.
  5. Tumbukan antara partikel ataupun antara partikel dengan dinding terjadi secara lenting sempurna, partikel dianggap sebagai bola kecil yang keras, dinding dianggap licin dan tegar.
  6. Hukum-hukum Newton tentang gerak berlaku.
Pada keadaan standart 1 mol gas menempati volume sebesar 22.400 cm3 sedangkan jumlah atom dalam 1 mol sama dengan : 6,02 x 1023 yang disebut bilangan avogadro (No) Jadi pada keadaan standart jumlah atom dalam tiap-tiap cm3 adalah :
Banyaknya mol untuk suatu gas tertentu adalah : hasil bagi antara jumlah atom dalam gas itu dengan bilangan Avogadro.
Keterangan:
n = jumlah mol gas
N = jumlah atom
No = bilangan avogadro = 6,02 x 1023.

0 Response to "Ciri-ciri Gas Ideal"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel