Soal Pengukuran besaran fisika Pembahasannya

Soal 1
Perhatikan gambar berikut! 

Andy mengukur diameter kelereng menggunakan jangka sorong, hasilnya seperti pada gambar.  Laporkan hasil pengukuran beserta dengan ketidakpastiannya!

jawab:
Cara menentukan hasil pengukuran panjang L, adalah sebagai berikut;
  1. Perhatikan angka pada skala utama yang berdekatan dengan angka nol pada nonius. Pada gambar di atas, angka tersebut adalah 5,6 cm dan 5,7 cm.
  2. Perhatikan garis nonius yang tepat berimpit dengan garis pada skala utama. Pada gambar di atas garis nonius yang tepat berimpit dengan garis pada skala utama adalah garis ke-6. Ini berarti, x0 = 5,6 cm + 6 x 0,01 cm = 5,66 cm (dua desimal)
Karena  Δx = 0,005 cm (tiga desimal), maka x0 harus dinyatakan dengan 3 desimal. Tidak seperti mistar, pada jangka sorong yang memiliki nonius kita tidak pernah menaksir angka yang ke -4, akan tetapi cukup kita beri angka 0, sehingga x0 = 5,660 cm. Jadi, hasil pengukuran jangka sorong anda laporkan sebagai
                          panjang L = x0 ± Δx
                                          = (5,660 ± 0,005) cm

Soal 2:
Seorang siswa mengukur tebal pelat dengan menggunakan mikrometer sekrup dan hasilnya tampak pada gambar di bawah ini. Tentukan hasil pengukuran beserta ketidakpastiannya!
  
Jawab:
Bagaimana kita menyatakan hasil pengukurannya? Cara menentukan hasil pengukuran dengan menggunakan mikrometer sekrup adalah sebagai berikut,
  1. Perhatikan garis skala utama yang terdekat dengan tepi selubung luar. Pada gambar di atas, garis skala utama tersebut 8,0 mm lebih.
  2. Perhatikan garis mendatar pada selubung luar yang berimpit dengan garis mendatar pada skala utama. Pada gambar garis mendatar tersebut adalah garis ke-16. Ini berarti, x0 = 8,0 mm + 16 x 0,01 mm = 8,16 mm (dua desimal).
Karena  Δx = 0,005 mm (tiga desimal), maka x0 harus dinyatakan dengan 3 desimal. Tidak seperti mistar, pada mikrometer sejrup yang memiliki nonius kita tidak pernah menaksir angka yang ke -4, akan tetapi cukup kita beri angka 0, sehingga x0 = 8,160 mm. Jadi, hasil pengukuran mikrometer sekrup anda laporkan sebagai,                  
                   
                          panjang L = x0 ± Δx
                                          = (8,160 ± 0,005) mm

0 Response to "Soal Pengukuran besaran fisika Pembahasannya"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel