Ketik 'Kata Kunci' yang dicari dalam blog Ayo Sekolah Fisika

Terimakasih Untuk Subscribe Chanel Youtubenya.

Vektor Posisi dan Perpindahan

Sewaktu Anda berangkat sekolah, Anda makin jauh dari rumah. Artinya, Anda bergerak di atas bidang tanah menuju ke sekolah. Arah Anda menuju ke sekolah merupakan vektor.
Vektor jika terdapat pada bidang dua dimensi, dinyatakan dengan  i dan j, i merupakan vektor satuan yang searah dengan sumbu  X dan j merupakan vektor satuan  yang  searah dengan sumbu  Y. Karena  i dan  j  merupakan vektor satuan, maka besar dari vektor ini sama dengan satu.
  
Jika Anda diibaratkan sebagai partikel yang bergerak pada bidang dua dimensi, maka posisi. Anda dapat dinyatakan sebagai r. Misalkan titik asal O ditetapkan sebagai titik acuan, maka posisi sebuah partikel yang bergerak pada bidang XY pada saat t memiliki koordinat (x,y) (perhatikan Gambar) adalah sebagai berikut.
Dalam selang waktu tertentu, partikel telah berpindah dari kedudukan awal sampai kedudukan akhir, yaitu dari rumah sampai sekolah. Perpindahan posisi partikel dinyatakan sebagai berikut.
Berpindahnya partikel dari kedudukan awal hingga kedudukan akhir disebut dengan perpindahan. Perhatikan Gambar! Titik Q1 merupakan titik awal dan titik Q2 merupakan titik akhir, sedangkan vektorperpindahannya adalah ‘∆r. Telah Anda ketahui di kelas X bahwa perpindahan dalam suatu garis lurus diberi lambang ‘∆x. Secara matematis dapat dinyatakan ‘∆x = x2 – x1 dan ∆y = y2 – y1.

0 Response to "Vektor Posisi dan Perpindahan"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel