Kuat Arus Listrik

Arus listrik adalah aliran muatan listrik. Misalkan banyaknya muatan yang bergerak tegak lurus ke permukaan suatu penampang  A, seperti yang ditunjukkan pada Gambar (1). Arus listrik didefinisikan sebagai banyaknya  muatan yang mengalir di setiap luas penampang penghantar listrik.

Gambar 1: banyaknya muatan positit (kuat arus) yang melewati penampang konduktor.
Jika jumlah muatan ΔQ melewati permukaan dalam interval waktu ΔT, maka kuat arus listrik rata-rata saat, Irata-rata diberikan oleh
Satuan kuat arus listrik dalam SI adalah ampere (A), dengan 1 A = 1 coulomb/detik. Kuat arus listrik umumnya memiliki nilai berkisar dari mega-ampere pada petir sampai bernilai nano-ampere di saraf Anda. Dalam batas ΔT à 0, arus sesaat, I dapat didefinisikan sebagai 
Karena aliran memiliki arah, kita telah secara implisit memperkenalkan arus konvensional bahwa arah arus listrik sesuai dengan arah di mana muatan positif mengalir. Maka  di dalam kawat mengalir juga muatan negatif yaitu elektron yang bergerak di arah yang berlawanan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam konduktor: padatan (logam, semikonduktor), cairan (elektrolit, terionisasi) dan gas (terionisasi), tetapi aliran ini terhambat pada bahan non-konduktor atau isolator.

0 Response to "Kuat Arus Listrik"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel