Medan Listrik

Sebagaimana halnya dengan materi bermasa m yang menimbulkan medan gravitasi di sekitarnya, maka muatan q juga akan menimbulkan medan lsitrik di sekitar.
Bumi yang bermasa m menimbulkan medan gravitasi di sekitarnya yang kuat medan gravitasinya ditunjukkan oleh percepatan gravitasi yang besarnya g = F/m. dengan F sebagai gaya gravitasi bumi. 
Gambar 1: ) Arah medan listrik selalu keluar dari muatan poritif, (b) Arah medan listrik selalu menuju muatan negatif
Apa yang terjadi jika suatu muatan, q diletakkan dalam ruang? Sama seperti massa, muatan juga menimbulkan suatu medan pada titik-titik di sekitarnya. Medan yang ditimbulkan dinamakan medan listrik. Medan listrik merupakan medan vektor. Arah medan listrik ditentukan oleh jenis muatan sumber medan tersebut, gambar 3a dan gambar 3b.
Sebagai gambaran, bila kita memiliki sebuah muatan sumber q yang stasioner pada satu posisi, maka untuk mengetahui bahwa di sekitar muatan itu ada medan listrik diperlukan muatan lain untuk mengujinya. Muatan test tersebut berfungsi sebagai detektor. Bila muatan test, qo tersebut diletakkan sejauh r dari muatan sumber (Lihat Gambar 1), maka medan listrik E yang dirasakan oleh muatan test adalah
Karena
Maka
Gambar 2 
Dengan F menyatakan gaya listrik yang dialami muatan q0 akibat muatan q. satuan kuat medan listrik diturunkan dari definisi kuat medan listrik pada persamaan di atas.dalam SI satuan E adalah N/C (Newton/Coulomb).
untuk muatan titik yang banyak dan tersebar, kuat medan listrik di suatu titik akibat muatan-muatan ini merupakan penjumlahan vektor dari medan listrik akibat tiap muatan.
                                                 E = E1 + E2 + E3 + . . .

Dengan E1, E2, E3 menyatakan medan listrik  akibat muatan 1, 2, dan 3.

0 Response to "Medan Listrik"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel