Arah ggl Induksi (hukum Faraday)

Kita dapat mencari arah dari sebuah ggl induksi atau arus induksi dengan menggunakan persamaan (3) pada hukum Faraday yang sudah kita pahami sebelumnya, bersama-sama dengan beberapa aturan tanda sederhana sebagai berikut:
  1. Definisikan sebuah arah positif untuk vektor A
  2. Dari arah A dan arah medan magnet B, tentukanlah tanda fluks magnetik ΦB dan kecepatan perubahannya ∆ΦB/∆t. Gambar 1 memperlihatkan beberapa contoh.
  3. Tentukan tanda ggl induksi atau arus induksi. Jika fluks itu semakin bertambah, sehingga ∆ΦB/∆t adalah positif, maka ggl induksi atau arus induksi adalah negatif, sehingga fluks itu semakin berkurang, ∆ΦB/∆t adalah negatif dan ggl induksi atau arus induksi adalah positif.
  4. Tentukan arah ggl induksi atau arus induksi dengan menggunakan tangan kanan Anda. Putarkanlah jari-jari tangan kanan Anda mengelilingi vektor A, dengan ibu jari Anda dalam arah A. Jika ggl induksi atau arus induksi dalam rangkaian itu adalah positif, maka arah ggl induksi atau arus induksi itu adalah negatif, maka arahnya adalah dalam arah yang berlawanan dengan arah jari-jari Anda yang diputarkan.
PERHATIAN:
Karena fluks magnetik memainkan peranan sentral dalam hukum Faraday, maka kita harus memikirkan bahwa fluks adalah penyebab ggl induksi dan bahwa sebuah ggl induksi akan muncul dalam sebuah rangkaian bila ada sebuah medan magnetik dalam daerah yang dibatasi oleh rangkaian itu. Tetapi persamaan (3) pada hukum Faraday memperlihatkan bahwa hanya perubahan fluks yang melalui suatu rangkaian, dan bukan fluks itu sendiri, yang dapat menginduksi sebuah ggl dalam sebuah rangkaian. Jika fluks yang melalui sebuah rangkaian mempunyai sebuah nilai yang konstan, apakah positif, negatif atau nol, tidak ada ggl induksi.

Gambar 1: Fluks magnetik itu menjadi lebih (a) positif, (b) kurang positif, (c) lebih negatif dan (d) kurang negatif

Keterang gambar 1:
  1. Fluks magnetik positif (ΦB > 0); ggl induksi menjadi lebih postif (∆ΦB/∆t > 0);  ggl induksi negatif (ε < 0)
  1. Fluks magnetik positif (ΦB > 0); ggl induksi menjadi lebih postif (∆ΦB/∆t < 0);  ggl induksi negatif (ε > 0)
  1. Fluks magnetik positif (ΦB < 0); ggl induksi menjadi lebih postif (∆ΦB/∆t < 0);  ggl induksi negatif (ε > 0)
  1. Fluks magnetik positif (ΦB < 0); ggl induksi menjadi lebih postif (∆ΦB/∆t > 0);  ggl induksi negatif (ε < 0)
Jika kita mempunyai sebuah kumparan dengan N lilitan yang identik dan jika fluks itu berubah dengan kecepatan yang sama untuk setiap lilitan, maka kecepatan perubahan total yang melalui semua lilitan itu adalah N kali besarnya kecepatan perubahan untuk sebuah lilitan tunggal. Jika ΦB adalah fluks yang melalui setiap lilitan, maka ggl total dalam sebuah kumparan dengan N lilitan adalah 
 Seperti yang dibahas pada bagian tentang hukum Faraday, ggl induksi memainkan sebuah peranan penting dalam pembangkitan daya listrik untuk kegunaan komersial.

0 Response to "Arah ggl Induksi (hukum Faraday)"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel