Kecepatan & Percepatan Gerak Harmonik Sederhana

Gambar 1: Grafik yang menunjukkan (a) Pepindahan GHS, (b) kecepatan GHS dan (c) Percepatan GHS
Gambar  1a, menunjukkan grafik perpindahan terhadap waktu yang diberikan oleh persamaan x = A cos (ωt + φ). Kita dapat menemukan kecepata v sebagai fungsi waktu dari grafik 2, besar dari v adalah vmaks sin Ө, tetapi v mengarah ke kiri, sehingga v = - vmaks sin Ө. Lagi lagi dengan mengatur Ө = ωt = 2ft = 2t/T kita dapatkan
Hanya setelah t = 0, kecepatan negatif (mengarah ke kiri) dan tetap begitu sampai t = ½ T (sesuai dengan Ө = 1800 = ∏ radian). Setelah t= ½ T sampai t = T kecepatannya positif. Kecepatan sebagai fungsi waktu di atas diplot di gambar 1b. Karena frekuensi gerak harmonik sederhana adalah f = 1/2∏ (k/m)1/2, maka
untuk sebuah sistem pegas massa tersebut, laju maksimum vmaks lebih besar ketika amplitudonya lebih besar, dan selalu terjadi saat massanya melewati titik setimbang. 
Gambar 2
Hukum II Newton memberi kita percepatan sebagai fungsi waktu:
di mana percepatan maksimumnya adalah
Persamaan percepatan sebagai fungsi waktu ini diplot pada gambar 1c. Karena percepatan GHS tidak konstan, persamaan untuk gerak dipercepat beraturan tidak berlaku untuk GHS.

0 Response to "Kecepatan & Percepatan Gerak Harmonik Sederhana"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel