Tekanan Absolut dan tekanan gauge

Kita dapat menggunakan hasil bahwa tekanan sebanding dengan kedalaman fluida untuk mengukur tekanan yang tidak diketahui. Gambar 1a menunjukkan penunjukan pengukur tekanan sederhana, manometer tabung terbuka. Bagian atas tabung terbuka ke atmosfer pada  tekanan Patm. Ujung lain tabung berada pada tekanan P, yang harus diukur. Perbedaan PPatm sama dengan ρgh, dengan ρ adalah kerapatan cairan dalam tabung. Perbedaan antara tekanan absolut (tekanan total), P dan tekanan atmosfer Patm dinamakan tekanan gauge (tekanan tolok). Tekanan yang Anda ukur pada ban mobil adalah tekanan gauge. Bila ban itu sama sekali kempis, tekanan gauge adalah nol dan tekanan absolut dalam ban adalah sama dengan tekanan atmosfer.
Tekanan absolut diperoleh dari tekanan gauge dengan menambahkan tekanan atmosfer padanya:
P = Pgauge + Patm
Gambar 1b menunjukkan barometer pipa-U air raksa, yang digunakan untuk mengukur tekanan atmosfer. Ujung bagian atas pipa telah ditutup dan dikosongkan agar tekanan di sana nol. Ujung lain terbuka ke atmosfer pada tekanan Patm. Tekanan Patm diberikan oleh Patm = ρgh, dengan ρ adalah kerapatan air raksa.

0 Response to "Tekanan Absolut dan tekanan gauge"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel