Soal dan penyelesaian hukum 1 Newton

Soal 1
Mengapa benda yang cenderung diam akan tetap diam dan baru bergerak setelah dikenai sebuah gaya luar.

Jawab:
Sesuai dengan hukum I Newton, benda akan mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergeraknya, dan akan bergerak jika keberikan gaya luar yang menyebabkan benda tidak mampu mempertahankan keadaan setimbangnya.

Soal 2
Mengapa ketika bus yang melaju kencang dan tiba-tiba berhenti, para penumpang mengalami gaya dorongan ke depan?

Jawab:
Sesuai dengan hukum I newton, benda akan mempertahankan keadaan diamnyaatau keadaan bergeraknya. Jika keadaan mula-mula para penumpang bergerak ke depan relatif terhadap bumi lalu tiba-tiba berhenti, maka mereka akan mengalami sifat kelembaman yang cenderung mempertahankan keadaan semula yaitu, bergerak ke depan sehingga mereka akan merasakan semacam gaya dorong ke depan ketika tiba-tiba bus berhenti.

Soal 3
Perhatikan gambar di bawah ini!
Ketika benang B ditarik perlahan-lahan dan ditarik dengan cepat, apa yang akan terjadi?

Jawab:
Jika benang B ditarik pertahan-lahan maka benang A akan putus, karena tegangan benang A lebih besar daripada benang B, tegangan tali A = berat beban + gaya tarik.

Jika benang B ditarik dengan cepat, benang B akan putus, karena inersia benda mencegah agar gaya tidak dikirim ke benang A, sehingga benang B putus.

Soal 3 
Berapa besar gaya yang diberikan yang menarik kaki pasien pada gambar?  Berapa besar gaya angkat yang diberikan alat ini kepada kaki dan betis? Anggap katrol licin!
Jawab:
Sistem dalam keadaan setimbang maka, gaya tegangan tali T = 30 N.
Perhatikan resultan gaya-gaya pada sumbu x dan sumbu y merupakan total gaya yang bekerja pada kaki pasien yaitu
(gaya horisontal) ΣFx = T + TX = T + T cos 300 = 30N (1 + cos 300) = 56 N(gaya vertikal) ΣFY = T + TY = T + T sin 300 = 30N (1 + sin 300) = 45 N

0 Response to "Soal dan penyelesaian hukum 1 Newton"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel