Perbedaan akurasi dan presisi

Akurasi dan presisi adalah dua konsep penting dalam sains. Kedua istilah tersebut berlaku untuk pengukuran eksperimental yang Anda lakukan. Tapi apa yang sebenarnya maksudkan dari akurasi dan presisi? Apa perbedaan antara keduanya dan mana yang lebih penting?

Ketepatan (Accuracy)
Akurasi adalah ukuran seberapa dekat pengukuran eksperimental Anda sesuai dengan nilai yang diketahui. Semakin dekat pengukuran Anda dengan nilai yang diketahui, semakin akurat  pengukurannya.
Jika Anda memikirkan nilai yang diketahui sebagai sasaran (bullseye) pada target, tembakan akurat Anda berada pada atau di dekat bullseye. Tembakan dalam gambar C ini akurat, tapi semuanya ada di sasaran. Ini memunculkan konsep ketepatan.

Presisi
Presisi adalah ukuran seberapa dekat pengukuran eksperimental Anda sesuai satu sama lain. Semakin dekat setiap pengukuran dengan pengukuran lainnya, semakin tepat pengukuran Anda.
Jika pengukuran adalah tembakan pada target, semakin dekat lubang satu sama lain, semakin tepat tembakannya. Pada gambar B, tembakannya saling berkerumun. Mereka akan dianggap sebagai koleksi tembakan yang tepat. Satu-satunya masalah adalah mereka tidak terlalu akurat.

Bagaimana saya bisa mengontrol akurasi dan ketepatan?
Baik akurasi dan presisi harus menjadi tujuan pengukuran apapun. Variasi akurasi dan ketepatan umumnya berada dalam kendali Anda sendiri. Dalam menembaki target, Anda dapat meningkatkan akurasi dengan mendekati sasaran, atau menggunakan bantuan yang bertujuan seperti penunjuk laser. Anda dapat memperbaiki ketepatan dengan memasang senapan Anda ke meja atau bangku atau menembak di dalam rumah untuk menghindari angin. Secara umum, gunakan alat yang baik yang dirancang untuk pengukuran yang ingin Anda lakukan dan perhatikan baik-baik apa yang Anda lakukan saat menggunakannya. Ini akan membantu pengukuran yang Anda coba buat.

Mana yang lebih penting, presisi atau akurasinya?
 Akurasi umumnya lebih penting saat mencoba mencapai target dan juga mengenai target Anda atau tidak. Tidak ada gunanya jika Anda melewatkan semua tembakan Anda. Meskipun, Anda dapat meningkatkan akurasi pengukuran di masa depan dengan mempertimbangkan faktor koreksi. Jika tembakan Anda semua pergi ke kiri, ubah tujuan Anda ke kanan. Akurasi adalah sesuatu yang dapat Anda perbaiki di pengukuran masa depan.
Presisi lebih penting dalam perhitungan. Bila menggunakan nilai terukur dalam suatu perhitungan, Anda hanya bisa setepat pengukuran yang paling tidak tepat. Inilah ide utama dibalik topik angka signifikan (angka penting) dalam perhitungan. Presisi dapat ditingkatkan dengan memperbaiki alat ukur dan/atau meningkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan alat ini.
Akurasi dan ketepatan keduanya penting untuk pengukuran yang baik dalam sains. Cobalah untuk membuat yang terbaik dari semua pengukuran Anda.
Tembakan A menunjukkan presisi tapi tidak akurat. Tembakan D menunjukkan presisi dan akurasi yang merupakan tujuan di laboratorium.

0 Response to "Perbedaan akurasi dan presisi"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel