Terimakasih Untuk Subscribe Chanel Youtubenya.

Soal Polarisasi Cahaya

SOAL 1
Suatu sumber cahaya terang dipandang melalui dua lembar polaroid yang arah sumbu polarisasinya mula-mula sejajar. (a) Melalui sudut berapakah salah satu polaroid harus diputar untuk mengurangi amplitudo getaran medan listrik yang diamati menjadi setengah dari nilainya semula?, (b) Apakah pengaruh pada (a) terhadap intensitas cahaya yang diteruskan? Dan (c) Melalui sudut berapakah salah satu polaroid harus diputar untuk mengurangi intensitas cahaya yang diteruskan setangah dari nilai semula?

Jawab;
Perhatikan dengan seksama apa yang dimaksud dalam soal ini. Dalam soal ini ada sua kejadian. Kejadian pertama kedua lembar polaroid memiliki sumbu polarisasi saling sejajar (θ = 00). Kejadiankedua, salah satu polaroid diputar melalui sudut θ, sehingga sudut antara kedua sumbu polarisasi adalah θ (θ ≠ 00).

(a) Secara umum, jika kuat medan listrik yang diteruskan oleh polaroid pertama = E1, maka kuat medan listrik yang diteruskan oleh polaroid kedua = E2, di mana E2 = E1 cos θ, dengan θ adalah sudut antara kedua sumbu polaroid.

Untuk kejadian pertama:
θ = 00E2 = E1 cos 00E2 = E1
Untuk kejadia kedua,
E2’ = E1 cos θ
Diinginkan E2’ = ½ E2 (PAHAMI PERTANYAAN a) sehingga
E2’ = E1 cos θ = ½ E1
Cos θ = ½ ↔ θ = 600

Jadi, salah satu polaroid harus diputar agar sumbu polarisasinya membentuk sudut 600 terhadap polaroid yang tidak diputar.

(b) Secara umum, jika intensitas cahaya yang diteruskan oleh polaroid kedua I2 di mana I2 = I1 cos2 θ.
Untuk kejadian pertama:
θ = 00I2 = I1 cos2 00I2 = I1
Untuk kejadia kedua,
θ = 600 I2’ = I1 cos2 600 = ¼ I1
Mari kita bandingkan I2’ dan I2
I2’/I2 = (I1/4)/I1 = ¼
Jadi, dengan memutar salah satu polaroid dengan sudut 600, maka intensitas cahaya yang diteruskan berkurang menjadi ¼ dari nilainya semula (sebelum diputar).
(c) Untuk kejadian pertama, I2 = I1, sebab θ = 00
Untuk kejadian kedua, I2’ = I1 cos2 θ
Diinginkan I2’ = ½ I2 (PAHAMI PERTANYAAN c) sehingga
I1 cos2 θ = ½ I1
cos2 θ = ½
θ = 450
Jadi, salah satu polaroid harus diputar agar sumbu polarisasinya membentuk sudut 450 terhadap plaroid yang tidak diputar.

SOAL 2
Suatu cahaya tak terpolarisasi mengenai polaroid pertama dengan intensitas I0. Tentukan intensitas cahaya yang diteruskan oleh polaroid pertama dan kedua (nyatakan dalam I0) jika sudut antara kedua sumbu polarisasi dari kedua polaroid adalah 300.

Jawab:
Intensitas cahaya yang diteruskan oleh polaroid pertama I1, I1 = ½ I0. Intensitas cahaya yang diteruskan oleh polaroid kedua I2 dihitung dengan persamaan
I2 = I1 cos2 θ = ½ I0 cos2 θ
Diketahui θ = 300, maka
I2 = ½ I0 cos2 300 = 3I0/8

0 Response to "Soal Polarisasi Cahaya"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel