Soal Relativitas dan pembahasannya

Soal 1
Sebuah mobil sedang bergerak dengan kelajuan 60 km/jam. Seorang penumpang mobil melemparkan sebuah batu dengan kelajuan 5 km/jam. Belapa kelajuan batu tersebut terhadap seseorang yang diam di pinggir jalan, jika arah lemparan, (a) searah dengan gerak mobil? Dan (b) berlawanan arah dengan arah gerak mobil?

Jawab:
Tentukan kerangka acuan S untuk orang yang diam di pinggir jalan dan kerangka acuan S’ untuk mobil yang sedang bergerak dengan kelajuan v = 60 km/jam.
(a) Kelajuan batu dalam kerangka acuan S’ adalah 5 km/jam searah dengan gerak mobil. Jika kita tetapkan arah gerak mobil dalam arah x’ atau x, maka ini berarti ux’ = +5 km/jam. Kelajuan  batu menurut orang yang diam di pinggir jalan (kerangka acua S), yaitu ux, dihitung dari transformasi Galileo untuk kelajuan dalam arah x, yaitu
ux’ = uxv atau ux = ux’ + v
ux = +5 km/jam + 60 km/jam = 65 km/jam

(b) untuk kelajuan batu berlawanan arah dengan gerak mobil, ux’ = –5 km/jam, sehingga
ux = ux’ + v
ux = –5 km/jam + 60 km/jam = 55 km/jam

Soal 2
Suatu sampel (contoh) bahan radioaktif yang berada dalam keadaan diam di laboratorium, memancarkan dua elektron dengan arah yang berlawanan. Slah satu elektron memiliki kelajuan 0,4c dan lainnya 0,8c seperti yang diukur seorang pengamat di laboratorium. Menurut transformasi kecepatan klasik, berapakah kelajuan elektron yang satu bila diukur dari yang lainnya?

Jawab
Tetapkan kerangka acuan S diam terhadap laboratorium dan kerangka acuan S’ diam terhadap elektron yang bergerak dengan kelajuan 0,4c (diambil berarah positif), maka sketsa soal ditunjukkan pada gambar di bawah ini.
sketa peristiwa gerak elektron dalam kerangka acuan

Menurut transformasi kecepatan klasik (transformasi Galileo), kelajuan partikel ux jika diukur oleh kerangka acuan S’ adalah ux’, di mana
ux’ = uxv = –0,8c – (+0,4c) = –1,2c
soal ini menunjukkan bahwa dengan transformasi Galileo dimungkinkan adalah gerak dengan kecepatan lebih besar daripada kecepatan cahaya c, suatu hasil yang tidak patuh terhadap prinsip relativitas Einstein.

Soal 3
Sebuah piring terbang bergerak ke arah x dengan laju 0,8c terhadap bumi. Dari piring terbang ditembakan peluru ke arah x dengan laju 0,6c. Tentukan laju peluru bila diukur oleh pengamat di Bumi berdasarkan: (a) relativitas Newton dan (b) relativitas Einstein.

Jawab:
Tetapkan bumi sebagai kerangka acuan S, piring terbang sebagai kerangka acuan S’, dan penembakan peluru sebagai kejadian (peristiwa). Diagram soalnya ditunjukkan pada gambar di bawah ini
Kerangka acuan gerak S adalah bumi dan S' adalah piringan
 (a) laju peluru bila diukur oleh pengamat di bumi ux berdasarkan relativitas Newton
ux = ux’ + v = 0,6c + 0,8c = 1,4c
jadi, penjumlahan kecepatan berdasarkan relativitas Newton (tranformasi Galileo) memungkinkan kelajuan yang lebih besar daripada c, suatu hasil yang tidak mematuhi postulat ke-2 Einstein.
(b) Berdasarkan relativitas Einstein ux dihitung dengan
ux = [ux’ + v]/[1 + (ux’v/c2)]
ux = [0,6c + 0,8c]/[1 + (0,6c x 0,8c/c2)]
ux = 0,946c
jadi, dengan penjumlahan relativistik tidak dimungkinkan kelajuan melebihi c, hasil yang sesuai dengan postulat ke-2 Einstein.

Soal 4
Dua pesawat ruang angkasa A dan B bergerak berlawanan arah, seperti pada gambar. Pengamat di Bumi mengukur kecepatan A adalah 0.750c dan kecepatan B adalah 0.850c. Tentukan kecepatan B relatif terhadap A.
Jawab:
Masalah ini bisa diatasi dengan mengambil S’ berimpit dengan pesawat ruang angkasa A, jadi v = 0.750c relatif terhadap pengamat di Bumi (S). Pesawat ruang angkasa B dapat dianggap sebagai benda yang bergerak ke kiri dengan sebuah kecepatan ux = 0,850c relatif terhadap pengamat bumi. Oleh karena itu, kecepatan B terhadap A dapat diperoleh menggunakan persamaan
Tanda negatif untuk u’x menunjukkan bahwa pesawat ruang angkasa B bergerak dalam arah x negatif seperti yang diamati oleh A.

Soal 5
Bayangkan seorang pengendara sepeda motor bergerak dengan kecepatan 0.800c melewati pengamat diam, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Jika pengendara melempar bola ke arah depan dengan kecepatan 0.700c relatif terhadap dirinya sendiri, berapakah kecepatan dari bola seperti yang terlihat oleh pengamat  yang diam?
Jawab:
 kecepatan bola terhadap pengamat yang diam dapat diperoleh menggunakan persamaan
 

Soal 6
Hitung momentum sudut sebuah elektron yang kelajuannya v = 1/2c√3. (massa elektron = 9 x 10-31 kg, c = 3 x 108 m/s).

Jawab:
Momentum relativistik elektron dinyatakan oleh
p = γm0v dengan m0 = massa diam = 9 x 10-31 kg
tetapan transformasi γ adalah
 
Dengan demikian, momentum relativistik p adalah
p = γm0v = (2)(9,0 x 10-31 kg)(1/2 x 3 x 108 √3 m/s) = 27√3 x 10-23 kg m/s.
Soal 7
Sebuah proton bergerak dengan kecepatan 0,6c. Hitung energi diam, energi total, dan energi kinetik proton tersebut dalam MeV. (massa proton = 1,6 x 10-27 kg, c = 3,0 x 108 m/s)

Jawab:
Kecepatan v = 0,6cv/c = 0,6
Energi diam proton E0 dihitung dengan persamaan
E0 = m0c2
    = 1,6 x 10-27 kg (3,0 x 108 m/s)2/[1,6 x 10-19 J]
Karena 1 eV = 1,6 x 10-19 J, maka
E0 = 9,0 x 108 eV = 900 MeV
Energi total proton E dihitung dengan persamaan
E = γE0 = (10/8)(900 MeV) = 1125 MeV

0 Response to "Soal Relativitas dan pembahasannya"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel