Terimakasih Untuk Subscribe Chanel Youtubenya.

Pengertian Perkalian Silang pada Vektor


Gambar 1
Perkalian cross antara A dan B adalah luas suatu bidang yang sisinya A dan B. Hasil perkalian cross merupakan sebuah vektor lain (vektor C) yang tegak lurus bidang berarti tegak lurus pada kedua vektor yang dikali-cross-kan.

Gambar 2
Arah vektor C ini juga dengan mudah kita tentukan sengan menggunakan aturan tangan kanan yaitu lipatkan keempat jarimu dari arah vektor A ke arah vektor B  melalui sudut terkecil (Gambar 1) dengan arah ibu jarimu adalah arah vektor C = A × B.
A × B = C tidak sama dengan B × A = D karena arah kedua vektor ini berbeda walaupun besarnya sama seperti ditunjukkan pada gambar 2.

Misalkan dua vektor A dan B seperti gambar 3 akan dikalikan silang (cross product), maka perkalian silang keduanya menghasilkan vektor C yang besarnya sama dengan luas bangun dengan sisi A dan B adalah:
L=B.h=B. A sin θ
Jadi besar dari perkalian silang (cross product) antara dua vektor A dan B adalah

|A × B|=|C| = AB sin θ

Sedangkan vektor luas (vektor C) adalah vektor normal sesuai aturan A × B yaitu C yang arahnya seperti pada Gambar 1 dan Gambar 2.

Gambar 3

0 Response to "Pengertian Perkalian Silang pada Vektor"

Post a Comment

Sobat ASF! Berikan Komentar di kolom komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai isi konten...Terimasih untuk kunjunganmu di blog ini, semoga bermanfaat!

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel